Selasa, 30 Desember 2014

Tips Agar Tidak Mabuk Dalam Perjalanan

Ayah bunda, Papa Mama dan Bapak Ibu terkasih.
Lagi musim liburan tentunya gak asyik kalo hanya tinggal di rumah saja. Berkunjung ke tempat saudara/keluarga, sahabat atau tempat wisata tentu lebih asyik jika pas libur panjang seperti ini.

Tapi ... Kalau kita atau anggota keluarga kita ternyata ada yg gampang mabuk dalam perjalanan, hmmm ... Travelling jadi gak asyik lagi deh, jadi manyun sih iya.

Jangan khawatir, mau perjalanan darat, udara atau bahkan laut pun masih ada pencegahannya kok agar tidak mabuk. Mau tahu? Coba simak beberapa tips berikut ini :

A. Minum obat anti mabuk. Ini sudah umum banget ya. Fungsi obat ini sebagai penghilang rasa mual dan sebagai penenang. Biasanya, efek yg muncul adalah ngantuk. Boleh jadi mabuknya memang hilang, tapi tidur terus dalam perjalanan rugi juga lah nggak bisa menikmati pemandangan.

B. Menghirup aroma terapi. Masing-masing orang punya sensitifitas yg berbeda terhadap suatu bau/aroma. Baik itu yang disukai sehingga lebih membuat relaks, ataupun yg tidak disukai sehingga menimbulkan stress. Hindari yg menimbulkan stress bagi seluruh anggota keluarga. Pilih aromaterapi yg bisa diterima seluruh anggota keluarga, terkhusus anggota keluarga yg gampang mabuk. Misal : aroma buah atau aroma bunga.

C. Jaga kestabilan suhu tubuh. Bukan berarti jika kendaraan yg kita naiki memiliki fasilitas AC, lalu harus diaktifkan maksimal. Atur sesuai kebutuhan, dan utamakan sirkulasi udaranya. Jika kita tidak dapat mengatur suhunya, gunakan jaket/selimut, kerpus/topi, kaos kaki, syal dan kaos tangan jika dibutuhkan.

D. Hindari makanan yg menimbulkan gas pada lambung kita. Boleh percaya boleh tidak, dengan mengonsumsi ubi jalar (boleh direbus, digoreng ataupun dibakar), lambung dan perut cenderung lebih tenang dan stabil, meskipun kita naik kapal yg terguncang2 sekalipun.

E. Pusatkan perhatian pada hal-hal yg menarik dan tidak menimbulkan pusing. Biasanya kalo sudah jenuh di perjalanan / sudah capek, bawaannya pikiran akan gampang stress dan fisik terpancing lebih exhausted. Kalo perjalanan darat dan siang hari, kita bisa mengalihkan perhatian ke segala sesuatu pemandangan yg ada di perjalanan, seperti tulisan, rambu-rambu atau pemandangan alamnya. Tapi bagaimana kalo di tengah laut/ di pesawat/ di darat pada malam hari? Sediakan sarana hiburan buat anggota keluarga yg sensitif tsb, bisa berupa game, video, lagu, dsb, yg disukainya.

F. Hindari sugesti bakal mabuk. Boleh tidak percaya, namun nyatanya memang ada juga yg sekedar naik becak pun bisa mabuk, hehehe ... Beneran lho! Lalu bagaimana agar nggak tersugesti? Bisa dengan cara hypnoterapi, atau bisa juga dengan diinjak jempol kakinya. Nah lho, karena marah sambil nahan sakit, akhirnya tidak tersugesti mabuk. Adanya malah ngambek/nangis/marah2, hehehehe

Selamat berlibur, Kawan!
Utamakan keselamatan ... Jangan lupa oleh2nya buat Sodara-sodara dan tetangga, termasuk untuk saya ya?


Watutulis 2012, jelang mudik akhir tahun