Jumat, 23 Januari 2015

Tepung Terigu ... Jika Terkena Api atau Air Panas

Kawan-kawan ada yg terkena api atau air panas sehingga perih dan jadi luka bakar? Ini saya ada tips menarik yg baru saja saya coba sendiri.

Sebenarnya siang tadi saya dah hati2 banget waktu bawa sepanci sop yg baru selesai masak ke ruang makan. Kebetulan antara dapur dengan ruang makan di rumah Loji seperti yang saya tempati saat ini lumayan jauh juga, hampir 12 meter jalannya. So, bawa sepanci kuah panas musti super hati-hati dong ya, hehehe ... Tapi ya itu tadi, kalau sudah garisnya kena celaka ya tetap ada saja sebab kejadiannya. Karena kesandung sandal jepit di depan pintu, tumpah deh sop saya.
Jari saya pun ikut kebagian kesiram kuah panas itu. Alhamdulillah, hehehehe.

Untungnya saya keingetan ceritanya si Papa tadi malam, soal kisah seorang tentara Vietnam yang terbakar dirinya (tentu saja nggak sengaja). Orang2 di sekitarnya tentu saja panik berusaha memadamkan api tsb. Di antaranya ada yg secara tdk sengaja dan terencanakan, melemparkan sekarung tepung terigu ke orang tsb (ingat ya, tepungnya saja, bukan sekarung yg masih belum dibuka), maksud hati mungkin sebagai gantinya pasir atau air. Ajaibnya, tepung tadi tidak hanya memadamkan apinya, namun badan orang tadi juga tidak melepuh sama sekali.

Dari cerita si Papa tadi, saya pun segera ikut-ikutan mencelupkan jari saya yg tersiram kuah panas tadi ke dalam tepung terigu yg ada di dapur. Kira-kira sepuluh sampai lima belas menit. Rasa perihnya berangsur menghilang, bahkan jadi adem. Dan walhasil setelah itu, jari saya yg mestinya melepuh, masih tetep halus muluuuus, hihihihi.

So, lain kali kalo kena api atau air panas, sebaiknya jangan buru-buru disiram air dingin atau dikompres es ataupun dioles odol. Tapi ... Sesuai pesan si Papa tadi, segera lumuri dengan TEPUNG TERIGU sedikitnya 10 menitan, lebih lama lebih baik. Mau pakai merk Segitiga Biru, Cakra, Rose Brand (ooops, jadi nyebut merk-merk) atau yg kiloan di pasar, semua boleh dipakai.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat ya!