Kamis, 08 Januari 2015

"5 syarat menjadi kekasih utama"

Bagaimana ya rasanya bila dicintai dan menjadi kekasih dari orang yang memiliki power terbesar, yang memiliki harta terbanyak, dan yang bisa mengatur segalanya? Yang lebih berkuasa dari presiden ataupun raja.

Hidup di dunia ini selain tidak kekal, juga hanya singkat saja. Itu bila dibandingkan dengan kehidupan kelak di alam akhirat. Bahkan komparasinya untuk hidup 100 tahun di dunia ini sebanding hanya 3 menitnya waktu di akhirat nanti.

Oleh karenanya, kehidupan sejahtera di alam akhirat inilah yg kita cari dengan bekal di dunia. Dan tentunya agar mendapat prioritas "executive room" di surga nantinya (maqoman mahmudah), kita harus berbaik-baik kepada pemiliknya, yaitu Allah. Bahkan harus bisa menjadi kekasih utamanya.

Adapun hamba yg dicintai oleh Allah atau "ibaadurrahman" dengan kedudukan yang paling mulia (disebutkan dalam Al Furqan 63 sd 67) adalah :

1. Hamba yg bila berjalan di muka bumi selalu merendahkan hatinya.
2. Hamba yg bila dikatakan hal yg buruk tentang dirinya, tidak membalas dengan ucapan yg buruk pula, namun menjadi koreksi diri. Bahkan membalas dengan kalimat yang baik, yaitu doa dan silaturahim.
3. Hamba yang selalu melalui setiap malamnya dengan bertahajud (shalat dan istighfar)
4. Hamba yang selalu menjauhkan dirinya dari niatan, pikiran, dan perbuatan yg menyeret kepada siksa neraka. Yaitu hamba yang selalu takut akan neraka.
5. Hamba yang selalu membelanjakan hartanya (berniaga) kepada Allah, dengan tidak terlalu berlebih maupun tidak kikir.


Catatan khusus :
- sedekah yg dianjurkan adalah 20% dari total penghasilan. Termasuk di dalamnya adalah zakat dan infak
- orang yg meminta-minta sesungguhnya adalah orang yg dilindungi oleh Allah sebagai jalan pembuka rezeki bagi kita. Oleh karenanya mereka tergolong sbg orang yg baik pula. Adapun tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah, sehingga yang memberi sudah pasti jauh lebih mulia dari kebaikan orang yg diberi. Oleh karena itu janganlah pernah menolak tengadahan tangan dari orang meminta pertolongan Anda.
- sedekah yg utama adalah kpd kedua orang tua, kemudian kepada keluarga dan kerabat, selanjutnya kpd anak yatim dan orang miskin
- sedekah merupakan perwujudan dari bertasbih kepada Allah sepanjang waktu, karena sangat sulitnya orang untuk berwirid sepanjang hari, maka Allah memberi jalan keluarnya dalam wujud sedekah dari hasil bekerja. Bayangkan saja, waktu bekerja sepanjang pagi sampai sore, bahkan ada yang sebelum shubuh sampai tengah malam, itu diperhitungkan sama dengan berdzikir/bertasbih kepada Allah.

(Masjid Nurul Dholam PG. Lestari - Patianrowo Nganjuk - 29 April 2014 --- by : KH. Masyhuri)