Selasa, 17 Mei 2016

Wisata Cahaya dari Surga di Goa Terawang Blora

Bicara soal wisata alam di Indonesia memang tidak ada habisnya, hampir di setiap daerah di Indonesia selalu saja ada tempat wisata alam yang menjadi daya tarik para wisatawan. Kawasan wisata alam di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pun termasuk jadi salah satu magnet para wisatawan dengan keindahan alamnya.

Salah satu yang terkenal di Blora adalah Goa Terawang, yang  populer karena keindahan efek cahaya matahari yang masuk dari celah-celah goa yang seakan mengisahkan malaikat sedang turun dari langit.
Goa Terawang sendiri terbentuk karena adanya endapan batu kapur yang berumur kira-kira 10 juta tahun. Lokasi goa Terawang berada di kawasan goa seluas 13 hektar dan sekaligus menjadi kompleks goa terbesar di Jawa Tengah.

Goa Terawang sendiri terletak di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Lokasi Goa Terawang ini berada di tengah-tengah hutan jati di atas tanah HGU milik Perhutani KPH Blora, jadi semakin terbayangkan indahnya karena untuk kesana Anda bakal menikmati keindahan hutan dengan angin yang sepoi sepoi.

Untuk mencapai tempat ini dari arah barat atau kota Semarang melalui Kota Purwodadi dan kecamatan Wirosari hingga menuju ke Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Setibanya di pertigaan depan Puskesmas Kunduran, kemudian berbelok ke kiri atau ke utara dan berlanjut perjalanannya sekitar 8 km.

Jika dari arah timur atau dari Kota Blora, selain melalui pertigaan depan Puskesmas Kunduran tadi, dapat juga mengambil arah ke pertigaan Pasar Ngawen, lalu belok ke kanan menuju lokasi sejauh sekitar 10 km dengan melewati jalan desa Japah, desa Padaan, dan desa Ngapus.


Jika Anda naik angkutan umum dari Semarang atau Blora, turun di Puskesmas Kunduran, lanjut naik minibus jurusan Blora – Todanan.

sumber :