Senin, 16 Mei 2016

Kedungjenar ... Kota Kripik Tempe di Kabupaten Blora

Sebelum lebih dikenal dengan oleh-oleh khas berupa keripik tempenya, keluarahan Kedungjenar di Kecamatan Blora Kota  di Kabupaten Blora sudah lebih dulu dikenal dengan tempenya. Ciri khas tempe dengan bungkus daun jati ataupun daun pisang dengan bentuk segitiga, bentuk persegi yang pendek maupun yang panjang, atau yang selebar setengah meter dan bisa awet hingga lebih dari dua hari tanpa menjadi busuk atau semangit sudah lebih dikenal hingga ke daerah lain seperti di Rembang, Juwana, Lasem maupun Cepu.



Saat ini kelurahan Kedungjenar mendapat kehormatan dengan sebutannya sebagai Kota Kripik Tempe di Kabupaten Blora. Sebutan tersebut menjadi pantas karena kelurahan Kedungjenar yang letaknya di tengah Kota Blora, kini telah berbenah menjadi satu sentra utama untuk produksi tempe dan kripik tempe di Kabupaten Blora, dengan berbagai sentra produksi maupun outlet-outlet pedagang kripik tempenya. Walhasil sebutan Blora sebagai Kota Sate, Kota Barongan dan Kota Mustika pun jadi bertambah dengan Kota Kripik Tempe, karena Kedungjenar dengan tempe dan kripik tempenya juga telah memberi ciri khas unggul untuk wisata maupun kulinernya.


Dukungan dari berbagai pihak, baik Pemda, Pamong Desa, Dinas/Instansi terkait maupun biro-biro wisata semakin memperkuat eksistensi dan produksi Kripik Tempe di kelurahan Kedungjenar tersebut. Apalagi, ada pendampingan maupun bantuan promosi dari RT dan RW setempat untuk produsen di sentra industri Kripik Tempe Kedungjenar tersebut semakin membuat para produsen tak sekedar mampu bertahan, bahkan makin berkembang.

Kawasan kripik tempe di Kelurahan Kedungjenar sebenarnya hampir meliputi seluruh kampungnya, namun untuk  kawasan Jalan Barito menjadi spesial karena di sana terdapat lebih dari 50 keluarga yang memproduksi kripik tempe maupun membuka outlet untuk penjualan keripik tempe maupun oleh-oleh makanan lainnya seperti rempeyek, keripik daun bayam, dan masih banyak lagi. Dan untuk makin menegaskan eksistensinya, di jalan tersebut didirikan gapura betuliskan “Sentra Kripik Tempe Kedung Jenar”, sehingga semakin meneguhkan bahwa Kedung Jenar merupakan salah satu gudangnya kripik tempe di Blora.

Jika Anda mau datang ke lokasi home industri kripik tempe Kelurahan Kedungjenar, silakan datang saja di kawasan Jalan Barito Kedungjenar atau sebelah persis dengan lokasi SMP Negeri 2 Blora.


sumber :
http://www.harianblora.com/2015/04/kedungjenar-blora-kota-kripik-tempe-di.html