Selasa, 17 Mei 2016

"Loko Tour" .. Wisata Kereta Sembari Mengenal Hutan Jati

Loko Tour adalah sebuah paket perjalanan wisata di kawasan hutan jati wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cepu. Perjalanan wisata dengan kereta uap ini akan diawali dari kantor Perhutani yang berada di Jl. Sorogo KPH Cepu atau sekitar 35 km ke arah tenggara dari pusat Kota Blora. Terus apa ya istimewanya "Loko Tour" ini?



Istimewanya Loko Tour ini adalah para wisatawan akan diajak untuk menelusuri hutan jati sejauh 60 km menggunakan lokomotip tua buatan pabrikan Jerman, Berliner Maschinenbaun yang di produksi pada tahun 1928. Bahan bakar kereta tua ini masih mengandalkan potongan kayu jati sisa-sisa hasil produksi atau limbah dari kerajinan meubel di sekitar lokasi yang sudah tidak terpakai lagi. Potongan kayu atau limbah tersebut dibakar  di dapur loko untuk memproduksi uap sebagai penggerak mesin.
Perjalanan Loko Tour ini diawali dengan memasuki hutan jati yang membentang di sepanjang jalan. Para wisatawan akan merasakan bagaimana kesejukan saat melewati deretan pohon jati yang sangat besar. Oh ya di sekitar hutan jati ini terdapat ladang-ladang minyak yang masih diolah manual oleh masyarakat secara tradisional juga.

Seusai melalui kawasan hutan dan desa penambangan minyak tradisional, para wisatawan akan diajak menuju ke tempat penimbunan kayu (TPK) di daerah Batokan. Di tempat ini terhampar log kayu kayu jati yang sudah ditebang dan siap untuk diproses lebih lanjut. Bersebelahan dengan lokasi ini terdapat kawasan Industri Pengolahan Kayu Jati (IPKJ) Cepu. Di IPKJ inilah berbagai macam produk-produk furniture diolah menggunakan mesin-mesin canggih dan modern.

Oh ya, para wisatawan mungkin berpikir kalau itu pohon jati ditebang terus apa nggak habis?
ya kalau jawabannya sih pasti habis. Namun di lokasi Wisata Agro Loko Tour Blora ini juga dijadikan sebagai tempat pengembangan dan pelestarian tanaman jati juga. Dari proses pembibitan hingga penanaman dalam beberapa tahapan. Jadi setiap pohon jati yang ditebang di lokasi ini akan diganti dan dilakukan penanaman setiap periode tertentunya agar pohon jatinya tidak punah dan dapat melindungi bumi dari ancaman Global Warming.
Total perjalanan selama 4 jam ini tidak akan terasa lama dan menjemukan karena di sepanjang perjalanan Wisata Agro Loko Tour ini para wisatawan juga disuguhi kehidupan masyarakat di sekitar hutan yang masih asri dengan keramahannya, sehingga akan meninggalkan kesan tersendiri bagi para wisatawan.
Jadi bagaimana? Tertarik untuk menelusuri di Tempat Wisata Agro Blora : Loko Tour?