Selasa, 01 September 2015

Oatmeal ... apa dan bagaimana manfaatnya

Ketika mulai rutin mengonsumsi oatmeal, tujuannya sih bukan untuk diet ataupun untuk menghindari kolesterol jahat ataupun penyakit jantung ... tapi sebagai dampak gara-gara harus ngejomblo jauh dari masakan istri. Kebetulan .. rumah tinggal yang saat ini kalo pagi warung-warungnya belum buka, dan kalo malam jam 8 warung-warungnya sudah tutup ... mau tidak mau harus siap memasak sendiri kalo pas lagi males keluar ke warung. jauh sih tempatnya

Biasanya pelarian paling cepat itu ke mie instant ... atau roti tawar/sobek. Tapi karena sudah terlalu mainstream ... halah ngaco ... (karena sedari jaman kos masa SMA sampai mulai kerja, mie instant sudah jadi makanan pokok) maka perut ini sudah mulai rewel kalo mengkonsumsi mie terus-terusan. Belagu ih ... hihihihi. Akhirnya kesampaian iseng ganti menu makan oatmeal produk quaker yang warna merah.

naaaah ... waktu beli di toko swalayan yang warna merah putih, ada cewek cakep yg ikutan tanya kenapa saya makan oatmeal, (mungkin kagum saja dengan pola hidup sehat saya ... hahahahaha ) ... yang sayangnya cuman saya jawab ala pengawuran saja waktu itu ... "kata teman saya yg dokter, makanan ini baik untuk jantung". hehehehehe ... ngeles.com ... bikin malu ajah, kaboooooor ...

Yuk, biar nggak pengawuran lagi kita cari tahu sama-sama yuk apa itu oatmeal dan bagaimana manfaatnya untuk kesehatan kita. Sumbernya referensi saya ambil dari si empunya produk di http://www.quaker.co.id/tentang-oats  dan dari  https://id.wikipedia.org/wiki/Haver

Haver (Avena sativa L.), dikenal pula sebagai Oat, merupakan serealia yang cukup penting di daerah beriklim subtropis dan sedang. Bulir yang dihasilkannya (disebut haver pula) dimanfaatkan sebagai makanan serta pakan (terutama kuda). Di Indonesia produknya dikenal dari sejenis bubur yang diintroduksi penjajah Belanda, yang dikenal sebagai havermut. Haver merupakan bentuk domestikasi dari jenis setengah liar Avena fatua yang telah dibudidayakan pada zaman perundagian awal (zaman besi) dan merupakan sumber pangan pokok masa itu di Asia Barat dan Eropa.

Taksonominya sebagai berikut :
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Avena
Spesies : A. sativa L


Keunggulannya Oat dibandingkan dengan gandum atau serealia lainnya adalah dikarenakan bijian utuh seperti oatmeal mengandung 3 bagian utama : Endosperma, kulit ari dan bakal biji. Nutrisi di dalam bijian oat utuh memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Jika pada gandum atau beras yang telah digiling dan disosoh, kulit ari dan bakal bijinya telah hilang dan meninggalkan hanya bagian endosperma saja. Hal ini mengakibatkan bahan makanan tersebut memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, antioksidan dan fitonutrien yang lebih sedikit dibandingkan bijian utuhnya. Namun berbeda halnya ketika oat digiling, ketiga bagian bijiannya yaitu Endosperma, kulit ari dan bakal biji tetap utuh.



BAGIAN-BAGIAN BIJI OAT

HULL atau Cangkang, "HULL" atau Cangkang adalah lapisan terluar yang melapisi kernel dan tidak dapat dimakan. Oat akan disebut oat Giling Kasar (Groats) ketika bagian cangkangnya dibuang.

KULIT ARI, Kulit ari adalah lapisan luar yang kasar dari kernel. Mengandung serat dalam jumlah besar.

ENDOSPERMA, Endosperma adalah bagian terbesar yang terletak ditengah biji dan merupakan sumber energi utama bagi tanaman

BAKAL BIJI, Bakal biji adalah embrio dari oat pada tahap awal. Bakal biji merupakan jantung dan bagian terkecil dari biji yang kaya akan nutrisi.


Macam - macam Oatmeal
A. OAT YANG TIDAK DIGILING (UNHULLED OATS)
Oat yang dipanen dari ladang memiliki lapisan terluar yang tidak dapat dimakan, bernama Hull atau Cangkang. Cangkang menjaga biji-bijian selama pertumbuhan, panen, dan juga pemindahan, akan tetapi hull perlu dibuang sebelum dimakan.



B. OAT GILING KASAR (GROATS)
Cangkang dari oat dibuang melalui proses mekanik. Cangkang akan hancur dan terlepas dari biji, udara membantu membuang cangkang yang rusak. Setelah proses penguapan dan pemanasan, oat ini disebut Oat Giling Kasar atau Groat



C. OAT STEEL CUT

Oat Giling Kasar/Groats diuapkan dan dipanaskan untuk menghentikan kerja enzim yang dapat dapat mengakibatkan bau tengik pada Oat dan mengakibatkan timbulnya cita rasa panggang pada Oat. Biji Oat utuh dipotong kira-kira menjadi tiga bagian namun tidak digiling. Oat Steel Cut dikenal juga dengan sebutan Oat Scotch, Oat Pinhead (di Inggris) dan Oatmeal Irish. Oat Steel cut memakan waktu yang lebih lama untuk diolah dibanding oat yang digiling dan memiliki tekstur lebih kenyal.



D. OAT OLD FASHIONED
Oat Giling Kasar/Groats diuapkan dan dipanggang menghentikan kerja enzim yang dapat dapat mengakibatkan bau tengik pada Oat dan mengakibatkan timbulnya cita rasa panggang pada Oat. Bji oat utuh diuapkan lagi dan digiling. Quaker Oats Old Fashioned adalah cereal dengan bjian utuh, artinya Quaker Oats mengandung semua bagian dari oat termasuk kulit ari, endosperma dan bakal biji.

E. OAT CEPAT MASAK


Oat Giling Kasar/Groats diuapkan dan dipanggang menghentikan kerja enzim yang dapat dapat mengakibatkan bau tengik pada Oat dan mengakibatkan timbulnya cita rasa panggang pada Oat. Biji oat utuh dipotong menjadi tiga bagian, diuapkan dan digiling lagi lebih banyak dibanding proses oats old fashioned. Oat cepat masak adalah sereal dengan bijian utuh yang berarti mengandung seluruh bagian dari oat termasuk kulit ari, endosperma dan bakal biji


F. OAT INSTAN
"Oat Giling Kasar/Groats diuapkan dan dipanggang menghentikan kerja enzim yang dapat dapat mengakibatkan bau tengik pada Oat dan mengakibatkan timbulnya cita rasa panggang pada Oat serta mengurangi kelembapan sehingga dapat cepat kering.
Karena pemanggangan dengan temperatur tinggi dan tipisnya kepingan oat, Oat Instan akan matang hanya dengan penambahan air mendidih. Quaker Oat Instan merupakah bijian utuh, yang berarti mengandung seluruh bagian dari oat termasuk kulit ari, endosperma dan bakal biji"

G. TEPUNG OAT


Setelah proses penguapan, pemanggangan dan pemotongan, Oat Giling Kasar/Groats diserpihkan kemudian digiling dengan sangat halus. Tepung oat juga bisa dibuat di rumah menggunakan blender atau food processor.

H. KULIT ARI OAT


Kulit ari oat merupakan lapisan terluar dari Oat Giling Kasar yang kaya akan serat. 1/3 Dari Oat Giling Kasar adalah kulit ari oat. Oat Steel Cut, Oat giling (old fashioned, cepat masak dan instan) dan tepung oat semuanya mengandung kulit ari oat.

I. QUAKER OATS
Quaker Oats Instan dan Cepat Masak adalah produk dengan bijian utuh/Whole Grain yang bernutrisi karena mengandung ketiga bagian biji. Banyaknya proses penggilingan, penguapan dan atau pemotongan hanya berpengaruh pada tekstur dan lamanya pemasakan oat yang diperlukan.




Manfaat Kebaikan Oat Bagi Kesehatan

Oat sudah dikenal sejak lama bermanfaat positif bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:
  • Oats sebagai sumber karbohidrat yang kaya akan serat dapat meberikan rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengendalikan berat badan
  • Dalam 1 hari kita membutuhkan serat sebanyak 25 gram. Kandungan serat 1 mangkuk Oatmeal setara dengan kandungan serat pada 2.5 mangkuk pepaya lho!





Fakta Lain Seputar Oat

  • Oat adalah makanan bebas garam, sehingga berperan dalam menurunkan resiko tekanan darah tinggi
  • Oat membantu mengontrol selera makan dan mengatur kadar glukosa darah dalam tubuh seseorang
  • Serat larut dalam Oat menyerap air sehingga menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama
  • Oat TINGGI kandungan serat, yaitu 3.4g per sajian
  • Oat merupakan SUMBER ENERGI sehat untuk seluruh keluarga


Produk Quaker Oat





Quick Cooking Oatmeal
Terbuat dari butir oat yang dipotong menjadi dua per tiga bagian, kemudian diuap dan digiling. Hanya membutuhkan waktu tiga menit dimasak dikompor atau satu menit dimasak dimicrowave. Bisa langsung disantap atau diolah menjadi berbagai kreasi resep lezat dan sehat. 
Kemasan yang tersedia: 200 gram dan 800 gram.

Instant Oatmeal
Terbuat dari butir oat yang diuapkan, kemudian dicincang halus, kemudian diuapkan kembali dan digiling. Instan Oatmeal dapat dinikmati langsung, cukup tuangkan air panas. Boleh juga menambahkan potongan buah atau kismis sebagai variasi. 
Kemasan yang tersedia: 35 gram, 200 gram, dan 800 gram.


Yuk kita lihat resep yang bisa diaplikasi dengan Quaker Oat ini, ...

Bubur Manado Ala Quaker Oat

Kandungan Gizi Per Porsi

Energi 281 Kal
Karbohidrat 8%
Protein 2%
Lemak 1%
Serat 20%

Bahan-Bahan :

  • 1 liter air
  • Ubi merah 100g, kupas, potong dadu
  • 2 sdm jagung manis
  • 1 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan
  • 50g daun kangkung
  • 50g daun bayam
  • 70g Quaker Quick Cooking Oatmeal/Biru (± 8 sdm)
  • 1/2 -1 sdt garam
  • 50g daun kemangi

Cara Membuat :

  • Rebus ubi merah hingga empuk, tambahkan jagung dan serai
  • Tambahkan kangkung dan bayam. Masak hingga setengah matang.
  • Masukkan Quaker Quick Cooking Oatmeal, aduk rata hingga matang. Bubuhi garam. Angkat.
  • Masukkan kemangi, aduk rata.
  • Sajikan segera
Resep untuk 2 porsi