Senin, 14 September 2015

Soto Klethuk Khas Blora .. Favorit Untuk Sarapan Pagi

Kabupaten Blora yang terletak di perbatasan timur provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur selalu identik hutan jati, kota minyak dan juga satenya. Khusus untuk satenya ini selain karena cita rasa dan cara penyajiannya yang memang istimewa, baik yang sate ayam, sate kambing maupun sate sapi, juga karena satenya memiliki ciri khas bumbu kacang yang sangat lembut untuk disajikan menemani sate ayam dan sate sapinya.

Namun sekarang kita tidak membahas sate Blora lebih dalam .. karena untuk sajian sate tersebut, warungnya baru buka pada siang hingga malam hari. Pada pagi hari, pilihan yang menjadi andalan untuk sarapan adalah soto klethuk, pecel dengan pincuk khas daun jati, dan opor pedas (lebih terkenal sebagai opor Ngloram ataupun opor Kapuan, satu daerah di dekat bandara Cepu - red).

SOTO KLETHUK adalah varian soto bening khas Jawa Tengah, namun memiliki ciri khas potongan telur serupa soto Lamungan dan taburan gethuk goreng atau potongan singkong goreng ukuran dadu kecil yang gurih renyah sebagai topping-nya. Kerenyahan saat dimakan dan berbunyi klethuk-klethuk inilah yang kemudian jadi latar belakang nama Soto Klethuk ini.


Harga seporsi soto klethuk ini masih cukup murah, di kisaran 5.000 untuk porsi mangkok kecil dan 8.000-10.000 per porsi untuk ukuran mangkok sedang. Soto ini paling enak disajikan panas-panas. Benar-benar segar dan nikmat disantap bersama lauk lain, seperti kerupuk, tempe goreng, bakwan jagung, perkedel kentang, dan aneka sate dari daging ayam, ati ampela, uritan telur muda maupun telur puyuh.

 
Beberapa pilihan warung yang menjajakan menu soto klethuk antara lain adalah Pa' Galo di jalan Sindoro, Mbak Sendu di jalan Sudarman, Mbak Dewi di jalan RA Kartini, Mas Anto di jalan Gunung Lawu dan Pak Sumar di jalan Agil Kusumadya. Masih banyak lagi warung-warung yang tanpa nama ataupun yang menyajikan bersama banyak menu lainnya, yang hampir di tiap kelurahan ada jagoannya masing-masing. Salah satu warung yang kita rekomendasikan kali ini dan jam bukanya sedari pagi hingga malam hari di pusat kota Blora adalah warung soto klethuk "Pa' Galo".



Lokasi warung Pa' Galo ini tepatnya ada di Jalan Gunung Sindoro Nomor 1C, kelurahan Tempelan, kecamatan kota Blora. Kalau ancer-ancernya dari alun-alun adalah menuju ke timur ke jalan Pemuda, kemudian setelah perempatan bangjo depan MD Mall atau kantor Pos lanjut sedikit ke timur, tepatnya adalah pertigaan jalan di sebelah timur kantor Telkom masuk ke utara sekitar 100 meter. Warung Pa' Galo ada di kanan jalan dari arah masuk tadi (Timur jalan).

Warung yang tertata apik dan sangat luas untuk ukuran sebuah warung ini sudah berdiri sejak tahun 1997. Pada jam dinas kantor, paling rame diserbu karyawan PNS maupun instansi lainnya. Kami perhatikan ada empat hal yang membuat warung Pa' Galo paling direkomendasikan di sini.

Pertama, lokasinya sangat strategis .. karena berada di pusat kota Blora, berdekatan dengan kantor Bupati, kantor Telkom dan Pos, perbankan seperti BRI, Mandiri, dan BNI, serta sejumlah instansi lainnya. Tempat parkirnya di sepanjang jalan Gunung Sindoro itu pun cukup leluasa dan aman.


Kedua, cita rasanya memang lezat. Awaaaaas ya ... Efek sampingnya bisa jadi nambah porsi, atau bahkan ketagihan untuk balik besoknya lagi.

Ketiga, pilihan menu dan lauk pelengkapnya juga banyak macam. Enak enak pula rasanya.

Selain soto klethuk, di warung Pa' Galo juga tersedia menu lain yang orisinil kuliner khas Blora macam pecel lodeh, sate ayam dan rawon, maupun yang bukan ori kuliner Blora, macam garang asem dan asem-asem khas Purwodadi, dan juga nasi gandhul khas Pati. Tentunya makin memperkaya pilihan untuk pelanggan rutin di warung ini, tidak bosan untuk datang lagi, lagi dan lagi.


Keempat, karena sudah memiliki mindset sebagai warung kuliner cepat saji, mungkin.dikarenakan pengalaman melayani sejumlah besar konsumen dalam waktu yang bersamaan ... di sini kasusnya pada serbuan para PNS saat jam istirahat makan siang ... sehingga sejumlah menu seperti soto Klethuk ini sudah disiapkan teracik dalam jumlah besar, tinggal dituangi kuah dan asesorisnya macam daun seledri, daun bawang, bawang goreng dan tentu saja klethuknya. Sehingga penyajiannya akan lebih cepat dan memuaskan pelanggannya. Ga pake lamaaaa.