Selasa, 01 September 2015

BAWANG LANANG alias BAWANG PUTIH TUNGGAL

Ketika seminggu yang lalu dikabari Bapak harus opname karena gangguan pernapasannya plus indikasi kelainan di jantung dan di ginjalnya, tiba-tiba kakak saya sempat mengingatkan satu resep ramuan obat yang duluuuuuu sekali pernah saya posting di fisbuk ... barangkali cocok buat Bapak. Kebetulan testimoni tetangga kakak yang sempat kena gangguan ginjal dan asam urat juga sembuh normal kembali dengan ramuan obat tersebut.

Mungkin sudah banyak yang telah mengenal atau mencobanya ya? Tak apalah, saya coba posting di blog ini, barangkali bermanfaat.

Ramuannya sederhana saja ... 11 butir bawang putih tunggal (orang jawa lebih akrab dengan nama "Bawang Lanang") + dua butir bawang bombay + tiga butir jeruk nipis utuh (komplit dari kulit, daging buah sampai bijinya). Semuanya diblender jadi satu. Agar lebih mudahnya pemblenderan, dipotong atau dirajang kecil-kecil semuanya, diblender dengan urutan jeruknya dulu, dilanjut bawang bombay, dan terakhir bawang lanangnya. Dikonsumsi tiga kali sehari, masing-masing satu sendok makan ... dari testimoni tetangga kakak itu beliaunya mengkonsumsi ramuan tsb dalam kurun hampir satu bulan. Alhamdulillah, atas perkenan Allah bisa berangsur normal kembali ginjalnya.

sumber gambar dari sini


Bawang putih tunggal atau Bawang Lanang ini sejatinya bawang putih pada umumnya, hanya saja siungnya tunggal tidak beranak ... mungkin yang beranak itu Bawang wedok ya? Hahahahaha

Sekilas Tentang Bawang Putih Tunggal
Mungkin selama ini kita mengenal bawang putih / Allium sativum biasa dengan bentuk yang terdiri dari berbagai siung yang saling menempel dan membentuk satu umbi besar yang dibungkus kulit ari berlapis lapis. Namun ternyata ada satu jenis tanaman bawang putih yang memiliki satu siung saja. Namanya bawang putih tunggal, maksudnya dalam satu umbi hanya terdapat satu siung bawang saja.
Bentuk umbinya sama seperti bawang putih biasa tapi ukurannya saja yang lebih kecil. Sehingga bawang ini diberi nama bawang putih tunggal. Orang jawa menamai bawang lanang. Bawang putih hanya dibudidayakan pada daerah dataran tinggi berhawa dingin, karakter tanahnya gembur dan kandungan tanah liatnya sedikit.

Bawang putih merupakan tanaman semusim yang masa tanam hingga panen hanya butuh 120 hari saja. Bawang putih yang dikembangbiakan melalui umbinya ini. Harga bawang putih di pasaran sangatlah mahal, oleh karena itu bawang putih menjadi primadona petani di Karang anyar, Slawi, Pemalang Jawa tengah. Sedangkan sentra produksi bawang putih di luar Jawa ada di Pagar Alam, Tanah Karo Sumatera.
Namun tingginya permintaan bawang putih tak bisa dipenuhi oleh petani lokal, akibatnya membanjirnya bawang putih dari China yang memenuhi permintaan pasar dalam negeri. Kebutuhan bawang putih tak hanya untuk dijadikan bumbu saja, melainkan industry medis pun butuh pasokan bawang putih tak sedikit.

Bawang Putih Tunggal Dipakai Obat?

Khasiat bawang putih tunggal sebagai penambah stamina, memang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu, baik di dataran Cina, Jepang bahkan Mesir.
Konon, para pekerja pembuat pyramid di Mesir kuno selalu mengkonsumsi bawang putih walaupun tak disebutkan apakah bawang putih biasa atau bawang putih tunggal untuk program diet mereka.
Tentang manfaat bawang putih secara umum tak hanya bawang putih tunggal berdasarkan hasil penelitian Dr. Ir. Ingrid S. Waspodo, MSc, memang tak diragukan lagi. Bawang putih bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh karena mengandung zat Alisin. Zat ini menurut Dr. Ingrid memiliki kekuatan antibiotic baik untuk melawan baksil, kuman penyebab TBC, disentri dan gonorhoe. Bahkan 1 miligram Alisin sebanding dengan 15 kali unit standar penisilin. Luar biasa memang. Kandungan B1 yang terdapat dalam bawang putih juga sebagai alasan kenapa bawang putih bermanfaat menambah stamina.


Kandungan zat alisin yang ada pada bawang putih mampu membunuh bibit penyakit seperti flue, radang tenggorokan dan infeksi karena bakteri.

Selain itu ada sejumlah nutirisi dan senyawa lainnya. Secara kimiawi dalam 100 gram bawang putih mengandung protein sebesar 4,5 gram, vitamin B1 0,22 miligram, vitamin C 15 miligram, kalsium 42 miligram, Posfor 134 miligram, besi 1 miligram, air 71 gram,
lemak 0,20 gram, kalori 95 kalori.
Dengan kandungan kimia di atas ditambah kandungan minyak dan beberapa enzim bermanfaat, bawang putih semakin mengukuhkan tentang manfaat bawang putih sebagai obat herbal, selain sebagai bumbu masak.

Manfaat Bawang Putih
Selain untuk menambah stamina dan daya seksual seseorang, dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, beberapa penyakit dapat disembuhkan seperti asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, darah tinggi, ambeien, luka benda tajam, digigit serangga, sulit tidur dan sakit kuning.

Menyembuhkan Batuk
Salah satu manfaat bawang putih tunggal adalah menyembuhkan batuk berdahak maupun batuk kering.
Batuk disebabkan oleh virus sehingga perlu dibasmi dengan menggunakan antibiotik yang berkelanjutan. Bawang putih memiliki kandungan antibiotic yang lebih tinggi dari obat medis, sehingga bisa cepat sembuh.
Caranya satu siung bawang dikeprak sampai halus kemudian campurkan perasan
jeruk nipis, minum sehari dua kali, pagi dan malam hari menjelang tidur. Lakukan pengobatan
seperti ini selama lima hari pertama.

Mencegah Infeksi Karena Luka
Bersihkan luka dengan air hangat, kemudian keringkan. Siapkan satu atau dua siung bawang putih diparut hingga halus, kemudian bawang putih parutan dioleskan pada area yang luka secara merata. Kemudian tutup dengan kassa steril, lakukan sehari sekali dengan menggantikan kassa yang baru. Niscaya bibit kuman yang ada luka cepat mati.

Mengobati Hepatitis
Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang liver. Hepatitis atau istilah orang awam penyakit kuning disebabkan oleh infeksi dari virus hepatitis. Orang yang terkena hepatitis karena menggunakan air bersih, tempat makan yang terpapar oleh virus hepatitis. Gejala pengidap hepatitis adalah rasa mual yang berlebihan, lemas, hilangnya nafsu makan. Indikatornya pada mata, mulut dan kuku berwarna kuning pucat.
Cara penyembuhan cukup mengonsumsi satu bawang putih yang dihalus, dicampur menggunakan madu satu sendok dan aduk sampai rata, diminum tiga kali sehari. Sedangkan setelah sempuh lakukan dua kali sehari agar virusnya benar-benar mati.

Meredakan Asma
Bawang putih bisa memiliki khasiat melonggarkan saluran pernafasan, sehingga sangat cocok digunakan mengobati gangguan pernafasan seperti asma.
Mengatasi penyakit asma, masuk angin dan batuk, caranya dengan mengupas 3 siung bawang putih, cuci dan lumatkan. Tambahkan madu 1 sendok makan atau gula batu yang dicairkan. Aduk semua bahan sampai rata, dan diminum setiap pagi hari sampai sembuh.

Menyembuhkan Sakit Kepala
Cara mengatasi sakit kepala dengan bawang putih ini adalah melumatkan satu siung bawang putih, tempel pada dahi. Sementara untuk darah tinggi, Anda tinggal mengunyah 2-3 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kalau tidak kuat dengan aroma menyengatnya, bawang putih bisa dibakar sampai matang.

Sakit Ambien
Bawang putih juga dapat mengatasi penyakit ambeien.
Caranya dengan memeras satu siung bawang putih. Air perasannya dioleskan langsung ke daerah sekitar dubur. Lakukan setiap hari. Begitu pula bawang putih ini manjur juga untuk mengatas luka akibat benda tajam. Caranya adalah dengan cara mengupas bawang putih, cuci, bakar dan celupkan ke dalam minyak kelapa, lalu lumatkan. Rajangan bawang putih ini dioleskan pada bagian yang terluka.

Menambah Daya Tahan Tubuh
Ketika pergantian musim atau saat musim hujan, biasanya terjadi perubahan cuaca yang mendadak.
Kondisi seperti ini terkadang banyak orang yang jatuh sakit. Agar tubuh tetap fit ketika musim hujan, sebaiknya stamina tubuh diberi suplemen. Selain itu ketika Anda sedang menempuh perjalanan panjang ada baiknya mengonsumsi bawang putih sebelum pergi.
Mengonsumsi Bawang putih dengan tujuan membangun daya tahan tubuh agar tetap kuat. Bawang putih tunggal adalah suplemen natural yang tak memiliki efek samping dan yang pasti tak menjadi ketergantungan.

Meluruhkan Kolesterol
Kolesterol merupakan awal dari berbagai penyakit degenerative. Kolesterol berasal dari makanan-makanan yang berlemak seperti daging, gorengan, makananya yang kaya dengan protein hewani.
Selain itu tak diimbangi dengan olahraga rutin, menyebabkan kandungan kolesterol tak lekas luruh dari tubuh. Kolesterol yang menumpuk pada darah membentuk plak yang akhirnya mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah.

Bawang putih dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan allicin pada bawang bisa memperlambat timbul plak pada pembuluh darah, sehingga bisa memperkecil resiko terkena stroke dan serangan jantung. Bagi orang pengidap obesitas, pekerja kantor yang tak sempat berolah raga sangat dianjurkan mengonsumsi bawah putih secara teratur. Biasakan mengonsumsi satu suing bawang putih mentah setelah sarapan pagi, dan sebelum tidur.

Khasiat Lainnya:
* Meremajakan Otak dan meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Immunitas)
* Meningkatkan Stamina
* Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
* Menurunkan Resiko Terjadinya Penggumpalan Darah
* Menurunkan Kadar Kolesterol (LDL) yang Sangat Tinggi
* Menurunkan Resiko Serangan Jantung
* Antivirus
* Anti Bakteri
* Membantu Menyembuhkan Batuk Rejan, Flu, Sakit Kepala, Migrain

Dapat membantu Meringankan Penyakit :
Darah tinggi, kolesterol, jantung, stroke, migran, kanker, flu, kembung, sembelit, sariawan, lemah syahwat, meningkatkan stamina, disentri, tukak lambung, ashma, TBC, broncitis, diabetes mellitus, melicinkan darah, kanker usus, pegal linu, jerawat, sakit gigi, batuk rejan, cacingan, impotensi, infeksi saluran kencing, monilia dan keputihan, wasir/hemoroid, nyeri sendi, menormalkan berat badan, melancarkan pencernaan, memperbaiki syaraf otak, mengurangi rasa sakit saat haid, menghilangkan cairan serosa di dalam rongga perut, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radang selaput otak belakang.



Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.

Read more at: http://soedjanan.blogspot.com/2013/02/khasiat-bawang-lanang.html
Copyright ::::: www.soedjanan.blogspot.com ::::: Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati copy-paste
Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.

Read more at: http://soedjanan.blogspot.com/2013/02/khasiat-bawang-lanang.html
Copyright ::::: www.soedjanan.blogspot.com ::::: Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati copy-paste